Inggris Memperkuat Hubungan dengan Uni Eropa, Perdagangan Mencapai 41% dari Ekspor

Inggris memulai langkah pertama untuk mempererat hubungan dagang dengan Uni Eropa melalui pertemuan antara Menteri Bisnis baru, Jonathan Reynolds, dan rekan-rekan internasional di Italia.

Dalam kunjungan pertamanya ke luar negeri sejak kemenangan besar Partai Buruh dalam pemilu, Reynolds akan menyampaikan kepada pertemuan menteri perdagangan G7 di Reggio Calabria, Italia, bahwa pemerintah Inggris yang baru ingin membangun hubungan yang lebih dekat dan dewasa dengan teman-teman di Uni Eropa.

Reynolds dijadwalkan menyampaikan pesan bahwa Inggris “kembali ke panggung dunia dan terbuka untuk bisnis.” Ia akan menekankan bahwa Inggris sedang mencari hubungan yang lebih dekat, lebih dewasa, dan lebih bijaksana dengan Uni Eropa, yang merupakan mitra dagang terdekat dan terbesar Inggris, serta berencana membangun hubungan dagang yang lebih baik dengan negara-negara di seluruh dunia.

Upaya Mempererat Hubungan

Pertemuan ini berlangsung saat Keir Starmer berusaha membangun hubungan yang lebih dekat dengan Brussels dengan menjadi tuan rumah para pemimpin Uni Eropa di Blenheim Palace dekat Oxford pada Kamis, sebagai bagian dari KTT Komunitas Politik Eropa selama satu hari.

Perdana Menteri berusaha menyeimbangkan antara memperkuat hubungan dengan Uni Eropa sambil meyakinkan pemilih bahwa pemerintahannya tidak akan membawa Inggris kembali ke pasar tunggal atau serikat pabean. Sebagai gantinya, Starmer mengandalkan reformasi yang lebih sederhana dan nada yang lebih hangat dengan Brussels.

Selama kampanye pemilihan, Starmer menegaskan bahwa Inggris tidak akan bergabung kembali dengan Uni Eropa dalam masa hidupnya. Sebagai gantinya, Partai Buruh berkomitmen dalam manifestonya untuk membangun hubungan perdagangan dan investasi yang lebih kuat dengan blok 27 negara tersebut, termasuk melalui perjanjian veteriner, dukungan untuk artis tur, dan kesepakatan pengakuan timbal balik untuk kualifikasi profesional.

Pentingnya Pasar Uni Eropa

Uni Eropa menyumbang 41% ekspor barang dan jasa Inggris dan 52% impor pada tahun 2023. Para pemimpin bisnis telah mendesak Starmer untuk membangun hubungan yang lebih erat dengan Brussels mengingat pentingnya pasar Uni Eropa bagi perusahaan-perusahaan Inggris, serta menyerukan aturan migrasi yang lebih longgar untuk memberi mereka lebih banyak akses ke pekerja Uni Eropa.

Berdasarkan kesepakatan Brexit yang diselesaikan oleh pemerintah Boris Johnson pada akhir Desember 2020 dan berlaku sejak Januari 2021, Inggris dan Uni Eropa berkomitmen untuk meninjau pelaksanaan perjanjian setiap lima tahun sekali, dengan Starmer diharapkan mengawasi proses pertama tersebut pada tahun 2026.

Beberapa komentator telah menyarankan bahwa peninjauan ini bisa menjadi peluang untuk merundingkan kembali kesepakatan tersebut. Namun, pejabat Uni Eropa berpendapat bahwa proses ini mungkin hanya menawarkan ruang lingkup yang terbatas untuk perubahan.

Pertemuan dengan Pejabat G7

Pada hari Selasa, Reynolds dijadwalkan mengadakan pertemuan tatap muka pertamanya dengan rekan-rekan G7 sejak penunjukannya awal bulan ini, termasuk dengan Wakil Presiden Komisi Uni Eropa Valdis Dombrovskis dan Wakil Kanselir Jerman, Robert Habeck. Pemerintah baru berharap “reset” hubungan internasional ini akan memperkuat status Inggris di antara bisnis dan investor global, sebagai bagian dari upaya untuk mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan tertinggi di G7.

Kunjungan ini juga terjadi di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik dan ketidakpastian politik di tempat lain. Presiden AS, Joe Biden, tampaknya minggu lalu mendukung ambisi Starmer untuk hubungan yang lebih dekat dengan Uni Eropa, dengan mengatakan kepada Perdana Menteri dalam pembicaraan di Gedung Putih bahwa ini juga akan memperkuat aliansi transatlantik dengan Washington.

Komunitas Politik Eropa di Blenheim Palace

Lebih dari 45 pemimpin Eropa akan berkumpul di Oxfordshire minggu depan untuk membahas beberapa isu paling mendesak yang dihadapi Eropa. Perdana Menteri akan menyambut para pemimpin dari seluruh benua di Blenheim Palace, tempat kelahiran Winston Churchill, untuk pertemuan Komunitas Politik Eropa (EPC) pada Kamis, 18 Juli.

Perdana Menteri jelas bahwa Inggris selalu lebih kuat saat bekerja sama erat dengan negara lain. Pemerintah Inggris akan menggunakan KTT ini untuk membahas kerjasama lebih erat dalam menangani imigrasi ilegal dan keamanan yang lebih besar dengan mitra-mitra Eropa untuk menjaga keamanan Inggris.

Untuk pertama kalinya dalam pertemuan EPC, NATO, Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa, dan Dewan Eropa akan hadir, menunjukkan pentingnya persatuan dalam menghadapi konflik dan ketidakstabilan di dalam dan di dekat perbatasan Eropa yang mempengaruhi Inggris dan kepentingan benua tersebut secara setara.

Starmer akan menjadi tuan rumah Taoiseach Irlandia, Simon Harris, untuk kunjungan resmi pertamanya sejak menjadi Perdana Menteri, serta mengadakan makan malam bilateral dengan Presiden Prancis di Blenheim Palace setelah KTT tersebut.

Starmer mengatakan: “Eropa berada di garis depan beberapa tantangan terbesar di zaman kita. Perang barbar Rusia terus bergaung di seluruh benua kita, sementara geng penyelundup yang keji memperdagangkan orang-orang tak bersalah dalam perjalanan berbahaya yang terlalu sering berakhir dengan tragedi.

“Kita tidak bisa menjadi penonton dalam babak sejarah ini. Kita harus berbuat lebih banyak dan melangkah lebih jauh, bukan hanya untuk orang-orang Ukraina yang berani di garis depan, atau mereka yang diselundupkan dari satu negara ke negara lain, tetapi agar generasi mendatang kita melihat kembali dengan bangga pada apa yang dicapai benua kita bersama.”

Dukungan untuk Ukraina

KTT EPC ini berlangsung pada saat yang krusial bagi Ukraina, karena agresi Rusia semakin intensif selama musim panas. Perdana Menteri telah menegaskan bahwa dukungan Inggris untuk Ukraina tidak tergoyahkan, dan ia akan menggunakan pertemuan ini sebagai platform untuk mendorong dukungan militer dan finansial internasional yang berkelanjutan bagi Ukraina, menjelang musim dingin yang diperkirakan akan sulit.

Akan ada sesi pleno pembukaan, diikuti oleh tiga meja bundar tentang migrasi, energi dan konektivitas, serta membela dan mengamankan demokrasi, sebelum diakhiri dengan sesi pleno penutupan.

Keberlanjutan adalah inti dari perencanaan KTT, dengan 80% buah dan sayuran yang disajikan kepada delegasi berasal dari kebun Blenheim. Menampilkan yang terbaik dari Inggris di Blenheim, peserta KTT akan menikmati stroberi dan krim Oxfordshire, serta lebih dari 800 scone yang disajikan selama teh sore.

Blenheim Palace, yang digunakan oleh MI5 dari tahun 1940 hingga 1945 setelah markas mereka rusak dalam Blitz selama Perang Dunia Kedua, telah diubah untuk menampung lebih dari 450 delegasi.

Ini adalah pertemuan EPC keempat sejak kelompok ini didirikan pada Oktober 2022. Pertemuan sebelumnya, yang diadakan di Republik Ceko, Moldova, dan Spanyol, telah berperan penting dalam menyatukan Eropa untuk mendukung Ukraina, membangun kerjasama dalam keamanan energi, dan menangani tantangan bersama migrasi ilegal.

Peningkatan Kolaborasi

Keir Starmer telah berjanji untuk memperdalam kolaborasi dengan negara-negara tetangga di Eropa saat Inggris bersiap untuk menjadi tuan rumah KTT besar minggu depan. Perdana Menteri mengutip invasi Rusia ke Ukraina dan krisis migran Eropa sebagai tantangan yang menuntut kemitraan yang lebih besar antara Inggris dan benua Eropa yang lebih luas.

Starmer mengatakan: “Eropa berada di garis depan beberapa tantangan terbesar di zaman kita. Perang barbar Rusia terus bergaung di seluruh benua kita, sementara geng penyelundup yang keji memperdagangkan orang-orang tak bersalah dalam perjalanan berbahaya yang terlalu sering berakhir dengan tragedi.

Kita tidak bisa menjadi penonton dalam babak sejarah ini. Kita harus berbuat lebih banyak dan melangkah lebih jauh, bukan hanya untuk orang-orang Ukraina yang berani di garis depan, atau mereka yang diselundupkan dari satu negara ke negara lain, tetapi agar generasi mendatang kita melihat kembali dengan bangga pada apa yang dicapai benua kita bersama.”

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Scroll to Top